Riekha

Sahabat

Posted on: 27/03/2011

Sahabat tempat untuk mencurahkan perasaan, baik itu rasa senang, gembira ataupun sedih dan duka. Apalagi didunianya kaum perempuan, sahabat benar-benar memegang peranan sangat penting salah satu sebabnya dikarenakan kaum perempuan lebih ekspresif menunjukkan perasaan-perasaan yang sedang dialaminya sementara kaum pria cenderung menyimpannya untuk diri sendiri. Semisal disaat seorang wanita sedang sedih karena marahan dan gencatan senjata dengan sang kekasih dalam hitungan menit berita tersebut akan tersebar keseparoh wilaya bumi.

Apakah sahabat kita sedari kita kecil ataukah sahabat yang benar-benar ada disaat kita perlukan. Apakah persahabatan ditentukan oleh waktu ataukah ditentukan oleh kecocokan. Setelah saya bertambah umur sejalan dengan bertambahnya pengalaman saya bisa mulai memahaminya. Ya benar memang “a friend in need is a friend indeed” yang dalam arti harfiahnya kira-kira seorang sahabat memang benar-benar seorang sahabat sejati disaat mereka itu ada disaat kita dilanda kesusahan dan akan terus menemani, mensupport serta menghibur diri untukbangkitkembali.

Banyak juga sahabat yang hanya kita punyai in a short period of time. Misal sahabat baik di bangku SMA, perkuliahan ataupun teman ditempat kerja sebelumnya yang saat ini sudah tidak pernah lagi ada komunikasi. Mungkin dikarenakan kesibukan, waktu maupun jarak. So apakah mereka masih terhitung masuk kedalam “circle of friends” kita?  Jawabannya berpulang kepada masing-masingindividu.

Tapi bagaimanapun juga kita seyogyanya tetap berhati-hati. Saya selalu menerapkan teori  berhati-hati entah itu didunia maya ataupun di dunia nyata, karena nggak selamanya persahabatan itu mulus lus seperti jalan tol (wong jalan tol aja nggak selalu mulus kok). Banyak yang menemui kendala bahkan berujung pada perpisahan. Kokiers semua pasti mengalami kan masa-masa bertengkar dengan sahabat. Dimana awalnya sebuah persahabatan bisa begitu indah tapi diakhiri dengan pertengkaran ataupun PHS  (Pemutusan Hubungan Sahabat). Yang menjadi sebab pemutusan hubungan persahabatan ini ada beragam banyaknya. Entah itu karena perselisihan paham, pengkhianatan ataupun penipuan. Wuah syerem amat sih, yup tapi hal ini nyata adanya. Hal-hal ini yang menarik buat saya untuk dibahas bersama kokiers semua.

Perselisihan paham ataupun beda pendapat diantara sesama sahabat adalah hal yang wajar, begitupun halnya kita alami dengan kekasih ataupun suami sendiri. Malahan dengan adanya perbedaan pendapat membuat kita lebih mengenal dan mengerti sahabat kita yang nantinya malahan akan lebih mendekatkan hubungan persahabatan kita tersebut, walaupun adakalanya juga menjadi penyebab berakhirnya persahabatan itu sendiri. Tergantung perspektif dari masing-masing individu.

Pengkhianatan diantara sahabat.

Oh ya ini teori saya pribadi lho, buat saya sahabat itu saya bagi 3 tingkatan.

Sahabat sejati, sahabat dekat dan sahabat for fun. Sahabat sejati mereka yang benar-benar saya rasakan sebagai BFF, factor waktu dan kecocokan bermain disini. Makin lama dan awetnya persahabatan kami menjadi factor utama saya menempatkan mereka menjadi sahabat sejati, yang walaupun terpisah jauh tapi persahabatan kami nggak lekang dimakan jarak dan waktu.

Sahabat dekat, sahabat yang bisa tinggal berdekatan maupun berjauhan dan saya rasa cocok berteman dengan meraka, tapi saya belum mengenal mereka lebih lama dan lebih dalam lagi. Bisa saja mereka hanya dekat sesaat seperti yang saya bilang sebelumnya teman in a short period of time, mungkinkah akan berlanjut? Belum tahu biarlah waktu yang akan menjawabnya.

Dan terakhir  sahabat for fun yaitu sahabat untuk acara yang fun dan asyik-asyik saja. Sahabat-sahabat yang datang timbul hilang berganti. Nah kalo TTM (teman tapi mesra) atau TTS (teman tapi suka) itu sih udah lain soal hehe kidding lho.

Kembali ke permasalahan, terkadang ada juga orang yang sudah kita anggap sebagai sahabat ternyata senang menyebarkan gossip ataupun rahasia hidup kita yang selama ini kita percayakan padanya, wuih untuk yang satu itu kita benar-benar harus berhati-hati. Sayapun nggak tau sampai dimana sih batasan kita untuk menceritakan hal-hal yang kita alami dalam hidup ini pada sahabat kita. Kalau untuk saya pribadi saya hanya menceritakan hal-hal yang menjadi ganjalan dihati kepada sahabat dekat dan sahabat sejati.

Ada lagi contoh yang lebih parah yaitu sahabat yang mengambil hak milik kita yang berharga. Definisi hak milik ini bisa merupakan benda, uang ataupun orang terkasih. Ini bisa dikategorikan sahabat yang berkhianat dan menipu. Sudah nggak asing lagi kan kokiers ada banyak kasusnya sahabat kita sendiri menipu kita, seperti pinjam meminjam uang yang akhirnya nggak akan pernah kembali uang tersebut hihihi alesan aja deh pinjem pinjem. Kalau materi sih masih gampang dicarilah, nah kalau sahabat kita sendiri mengambil kekasih ataupun suami kita, wualah lah lah…ciloko 13 suakitnya hati ini pastinya. Kasus seperti ini nggak hanya menimpa kaum celebrity seperti Denise Richards dan Heather Locklear, tapi diseputar kitapun banyak terjadi.

So KoKiers walaupun baik buruknya sahabat bagaimanapun juga kita tak bisa hidup tanpa mereka. Walaupun ada seorang sahabat saya bilang begini, “dia nggak mau punya sahabat dekat karena selama ini sahabat dekatnya pergi satu persatu, entah karena pergi pindah tempat tinggal nun jauh disana, ataupun pergi ketempat yang lebih jauh lagi yaitu alam baka. Kehilangan sahabat-sahabat dekatnya ini membuat dirinya trauma dan nggak menginginkan mempunyai sahabat dekat, dia bilang dia nggak akan tahan untuk kembali merasakan kehilangan sahabat dekatnya”.Well kembali lagi keperbedaan perspektif pada masing-masing individu. Tapi untuk saya sendiri, saya akan tetap mencari sahabat-sahabat baru, membina hubungan dengan sahabat-sahabat lama dan juga mengenang sahabat-sahabat yang datang in short period time of my life. Tetap dengan mengaplikasikan teori hati-hati dan proses screening untuk menghindarkan hal-hal buruk yang nggak saya inginkan.

Akhir kata untuk semua sahabat saya  dimanapun kalian berada, terima kasih telah ikut berpartisipasi membuat hidupku lebih berwarna, lebih berasa dan lebih bermakna. Selalu banyak cinta untuk semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Listiana Advokat: Terima kasih sudah hadir di blog saya, dan terima kasih juga karena ternyata tulisan saya mendapat respon yang baik dari anda. Semoga bermanfaat ya...
  • rikh4: Masax ia ???kwkww
  • Badual: kerenlah kalu begitu!!

Kategori

%d blogger menyukai ini: